RSS

The Keys of the Kingdom_Ringkasan (1)

08 Sep

Bagian 1

“Seperti tusukan belati yang menghujam kehangatan hidupnya, muncullah kengerian, suatu penyempitan makna ‘agama’, kebingungan bahwa manusia dapat saling membenci karena memuja Tuhan yang sama tetapi dengan sebutan berbeda.” (p. 17)

 

Francis Chisholm merupakan putra tunggal pasangan Alexander dan Elizabeth Chisholm. Ayahnya hanya seorang nelayan dan bukan penganut Katolik yang fanatik, sedangkan Elizabeth adalah koki dan putri seorang pengkhotbah. Jelaslah mereka berasal dari kelas sosial dan agama yang berbeda. Saat berusia 9 tahun, Francis kehilangan kedua orangtuanya dalam suatu tragedi. Akhirnya, dia harus hidup bersama orangtua mendiang ibunya, keluarga Glennie. Sayangnya, mereka tidak memperlakukan Francis dengan baik.

Setelah beberapa waktu, Francis tak tahan lagi hidup bersama dengan keluarga Glennie. Dia ingin meninggalkan rumah mereka tetapi usahanya gagal. Kemudian, Dr. Tulloch mengirimi Aunt Polly surat yang mengabarkan bahwa Francis sakit. Dr. Tulloch adalah tetangga Francis yang baik hati sementara Polly adalah saudari ipar Elizabeth. Polly pun segera datang dan membawa Francis pergi ke Tynecastle. Sejak saat itu, Francis tinggal bersama keluarga Bannon. Polly memperlakukan Francis dengan begitu baik dan selalu berharap dia akan menjadi seorang pastor suatu hari nanti.

Aunt Polly memiliki seorang putri dari mendiang suaminya. Namanya Nora dan dia bersekolah di lain kota. Ketika studinya selesai, hubungan Nora dan Francis semakin dekat. Francis segera sadar jika sedang jatuh cinta dengan gadis itu. Namun, Ned Glennie dan Polly mengirim Francis ke Seminari Menengah Holywell. Meskipun sudah tinggal di Holywell selama beberapa waktu,  Francis masih belum yakin dengan panggilan hidupnya. Pikirannya dipenuhi Nora.

Kemudian pada suatu musim panas, Polly mengirimi Francis surat yang memintanya untuk tidak pulang saat liburan. Karena kalut dengan pikirannya sendiri, Francis memutuskan untuk pulang. Di Tynecastle, Francis mengetahui bahwa Nora akan menikahi Thaddeus Gilfoyle karena dia sudah melahirkan seorang bayi. Hanya satu hari sebelum pernikahan, Nora pergi ke Whitley Bay bersama Aunt Polly. Namun malang, dia meninggal karena kecelakaan dalam perjalanan. Rasa kehilangan membuat Francis merasa ditinggalkan. Dia pun berjanji untuk pergi ke Seminari Tinggi San Morales dan menjadi pastor.

Bersambung ke Bagian 2

The Keys of the Kingdom adalah novel karya A.J. Cronin dan pernah difilmkan dengan judul sama serta dibintangi Gregory Peck.

Aku sadar masih perlu banyak belajar saat membuat terjemahan ini, apalagi bagian kutipan. Jadi, aku akan sangat senang jika ada komentar dan saran atau kritikan untuk terjemahanku ini. Terima kasih banyak atas kunjungannya!

Advertisements
 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: