RSS

Perlukah Moderasi Komentar?

07 Sep

Apakah komentar di suatu pos perlu dimoderasi oleh pemilik blog? Ah, dulu aku tak terlalu memikirkan hal itu. Namun, sejak mulai kembali berniat menekuni blog yang lama kutinggalkan, aku sempat berpikir tentang pengaturan moderasi. Sebenarnya aku memang tak begitu paham juga.

Setelah bolak-balik menjadi stalker eh silent reader di beberapa blog, aku baru sadar jika komentarku takkan segera muncul bila pemilik blog mengaktifkan fungsi moderasi untuk kolom komentar. Ah, baiklah, itu berarti pemilik blog memang ingin menyeleksi dulu setiap komentar yang masuk. Setelah lama kurenungkan (halah, lebay nih bahasaku), aku pun memilih untuk memoderasi komentar yang masuk. Aku beralasan untuk menyeleksi komentar-komentar yang berisi spam atau link tak jelas. Kupikir aku juga akan menengok blog tiap hari.

Yup, pilihan moderasi komentar ternyata langsung terbukti. Beberapa waktu kemudian, aku melihat antrian spam di kotak komentar. Aih, kalimat awalnya memang basa-basi yang membuatku senang karena ada yang baca. Namun, kalimat berikutnya menyatakan bahwa blogku bisa dapat pengunjung lebih banyak jika aku mau menengok link yang disertakan. Haish, aku sempat tertarik ingin klik tapi tidak kulakukan.

Nah, sekarang aku malah memutuskan untuk menonaktifkan fungsi moderasi komentar. Mengapa? Hm, aku hanya ingin melihat seberapa ramai lalu lintas pengunjung blogku. Eh, tak mengapa bukan? Aku pun sadar alasan para pemilik blog (kebanyakan blog sinopsis drakor yang kuintip) meminta pengunjung agar meninggalkan jejak meski hanya komentar singkat. Ya, pemilik blog akan lebh semangat menulis atau menerbitkan sesuatu di blog jika mereka tahu betapa banyak pengunjung yang membaca atau menyukai pos mereka.

Jadi, aku setidaknya ingin tahu antusiasme pengunjung blogku. Sebenarnya aku pun penasaran tentang kemungkinan yang bisa terjadi jika aku tak memoderasi komentar pengunjung lebih dulu. Akankah blog ini tetap sepi, atau ada diskusi dalam beberapa tulisan? Aish, aku pun menantikannya.

jelang subuh yang angkuh

vee

stock-vector-daydreaming-blond-woman-in-work-vector-illustration-74414650

 
Leave a comment

Posted by on September 7, 2016 in Artikel, kegiatan menulis, sekadar berbagi

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

 
