RSS

You Got Email!

26 Feb

Kyaa, beberapa hari lagi sudah berganti bulan tapi aku belum juga posting untuk menjawab tantangan bulanan yang kali ini bertema ‘unpredictable thing(s)’. Beberapa ide hanya berakhir menjadi hiasan layar laptop. Kok terasa mengenaskan…. #sigh

Lah kok pagi ini saat aku ingin nglaptop dan ngenet pagi-pagi, sang modem malah sembunyi entah di mana. Iih, ya sudahlah. Mari nulis saja dulu, nanti posting jika tulisan rampung tetapi… menulis apa ya? Eh, bukankah kejadian menghilangnya sang modem itu sudah hal tak terduga alias unpredictable yang terjadi sekarang? Akibatnya, aku tak bisa menengok dunia maya dan beberapa aktivitas yang berkaitan, termasuk mengecek blog tetangga. Halah.

Bagaimana kalau aku mendaftar some unpredictable things pada Februari ini saja? Sebelumnya, maafkan bahasaku yang sedikit lebay di sini. Lanjut!

Awal bulan ini aku cukup kaget dengan datangnya dua imel, satu dari WordPress.com dan satu lagi dari agensi penerjemahan. Imel dari WordPress.com memberitahukan bahwa blog anakku sebelumnya tidak bisa muncul dalam mesin pencarian karena kesalahan sistem tetapi pihak mereka sudah membuatnya muncul dalam mesin pencarian. Baiklah, aku memang tak cukup paham tetapi tampaknya hal baik. Jadi, iseng aku membalas imel tersebut dan tentu saja menggunakan bahasa Indonesia seperti yang digunakan imel itu.

Eh, tak terduga lagi karena aku mendapat balasan dari teknisi WordPress.com (Hello, Chad C.!) tetapi dia menggunakan bahasa Inggris. Dia bilang jika menerjemahkan imelku menggunakan GT. Wakwak. Eh, namun dia memberikan tautan yang menarik dan bisa kugunakan untuk meningkatkan kunjungan pembaca blog. Pokoknya, keren euy!

Nah, kalau imel dari agensi penerjemahan juga benar-benar tak terduga. Sebelumnya memang aku hanya iseng mengirimkan CV untuk melamar lowongan penerjemah (translator). Aku pun mengerjakan tes dan mengirimkannya tanpa beban. Nothing to loose. Syukur-syukur aku diterima. Weleh, ternyata jawaban tes hanya selang sehari! Ada penawaran fee pula. Oke, memang tidak setinggi standar tarifku biasanya tetapi… ini penerjemahan subtitle film! Pengalaman menarik yang harus kucoba, bukan? Sebenarnya pengalaman yang sungguh baru adalah penggunaan perangkat lunak khusus untuk menerjemahkan subtitle. Whoa, aku benar-benar baru mendengar tentang perangkat itu! #garukkepala

Saat membalas imel tersebut, aku jujur mengatakan setuju dengan tawaran fee tetapi belum pernah memakai perangkat lunak yang dipersyaratkan. Selama ini aku hanya menerjemahkan dalam format biasa, apalagi subtitle yang kuterjemahkan itu untuk film dokumenter yang masih dalam proses edit alias belum siap tonton. Yah, semakin aku tak berharap banyak.

Ilustrasi comotan dari internet

Ilustrasi comotan dari internet

Sehari, dua hari, seminggu… tak ada imel balasan. Aku pun berinisiatif kirim imel untuk menanyakan respons agensi. Kalau tidak diterima ya tak apa asal ada kejelasan. Eh, tetap tak ada respons. Duh, gemes sendiri!

Akhirnya aku pasrah saja, bahkan sempat tidak melongok imel. Nah, tanpa kuduga ternyata mereka malah kirim tautan untuk perangkat lunak yang digunakan dan memberikan pula catatan cara menggunakannya. Eh, apa ini artinya aku diterima? Aku masih tak percaya karena memang tak ada respons tentang order penerjemahan juga. Baiklah, sekarang PR-ku adalah mempelajari dan mempraktikkan cara menggunakan perangkat lunak itu untuk menerjemahkan subtitle. Ayo, bersemangat!!!

Eh, aku tak memperkirakan tulisan tentang imel akan sepanjang ini! Mungkin sebaiknya aku akhiri dulu sampai di sini. Semoga tulisan ini bisa menjawab tantangan bulanan dari 4 PMD. Kedua imel itu memang sungguh tak terduga a.k.a unpredictable things dan membuatku bersemangat ngeblog lagi.

26 Februari 2016

Ps.: Tunai sudah kewajibanku menjawab tantangan bulan ini.

 
Leave a comment

Posted by on February 26, 2016 in kegiatan menulis, monthly challenge

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

